Sabtu, 11 Maret 2023 bertempat di Aurilla Hotel Palangka Raya, Prodi PPG melaksanakan pembuatan pengakuan studi lampau atau dikenal dengan istilah lain Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang sudah diunggah oleh para mahasiswa PPG dalam jabatan PAI dan Madrasah Batch III IAIN Palangka Raya.

Menurut Peraturan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 41 tahun 2021 Rekognisi Pembelajaran Lampau yang selanjutnya disingkat RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan
dengan kualifikasi tertentu.

adapun untuk jumlah mahasiswa yang dinilai dalam kegiatan ini berjumlah 354 orang dari bidang studi PAI dan 244 orang dari bidang studi Madrasah. Komponen penilaian dalam kegiatan RPL ini terbagi menjadi 5 komponen, yaitu (1) Pengembangan Kompetensi Pedagogik, (2) Penyusunan Perangkat Pembelajaran, (3) Pengembangan Kompetensi Profesional, (4) Pengelolaan Administrasi Pembelajaran dan (5) Inovasi Pembelajaran. Total SKS dalam RPL ini adalah sebesar 24 SKS dari 36 SKS keseluruhan Satuan Kredit Semester mahasiswa PPG.

Kegiatan ini sendiri dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palangka Raya Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag yang menyambut baik kegiatan pengakuan RPL ini dalam pelaksanaan PPG Dalam Jabatan tahun 2023.

sambutan sekaligus membuka acara secara resmi oleh Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag

Tim Penilai berkas RPL yang diunggah mahasiswa PPG pada Learning Management System (LMS) SPACE Kemenag ini dilakukan oleh 29 orang personalia yang ditugaskan oleh Dekan FTIK IAIN Palangka Raya berdasarkan Surat Tugas Dekan FTIK IAIN Palangka Raya Nomor: B-1210/In.22/III.1/KP.01.3/03/2023 tanggal 09 Maret 2023 yang terdiri dari Unsur Pejabat, Dosen serta pengelola Prodi PPG untuk melakukan penilaian terhadap berkas-berkas tersebut.

Kegiatan pengakuan RPL ini diawali dengan sambutan dari Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd kemudian dilanjutkan dengan sambutan Rektor IAIN Palangka Raya yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag yang juga sekaligus membuka acara secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian teknis penilaian RPL melalui LMS SPACE Kemenag oleh tim admin IT Prodi PPG, Slamet Riyadi, M.Kom. Setelah itu dilanjutkan dengan penilaian oleh tim-tim dosen penilai yang sudah diplotting sesuai kelas yang dinilainya masing-masing. (mra)

Foto bersama tim penilai RPL mahasiswa PPG dalam jabatan Batch III Tahun 2023

By Admin

One thought on “Prodi PPG Melaksanakan Rekognisi Pembelajaran Lampau Mahasiswa PPG Batch III”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *