Palangka Raya, 27 Juni 2023 – Mahasiswa Program Pendidikan Guru (PPG) di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) IAIN Palangka Raya mengikuti lokakarya yang difokuskan pada capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan alur tujuan pembelajaran pada kurikulum merdeka. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 27 Juni 2023 di kampus IAIN Palangka Raya.
Lokakarya ini merupakan bagian dari upaya pengembangan kompetensi mahasiswa PPG dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, yang diperkenalkan sebagai inovasi dalam pendidikan tinggi di Indonesia. Dengan mengusung tema “Optimalkan Proses Pembelajaran Melalui Kurikulum Merdeka,” lokakarya ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan alur tujuan pembelajaran pada kurikulum merdeka.
Dosen pembimbing yang memimpin lokakarya ini adalah Dr. Nurul Wahdah, M. Pd., dan Bapak M. Redha Anshari, M.Pd., yang memiliki pengalaman luas dalam bidang pendidikan. Mereka berbagi wawasan dan pandangan mengenai pentingnya merumuskan capaian pembelajaran yang jelas, tujuan pembelajaran yang terukur, serta alur tujuan pembelajaran yang dapat memberikan panduan bagi proses pembelajaran.
Dr. Nurul Wahdah, M. Pd., menjelaskan, “Kurikulum merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan tuntutan perkembangan zaman. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam terkait capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan alur tujuan pembelajaran sangat krusial dalam mengoptimalkan proses pembelajaran.”
Bapak M. Redha Anshari, M.Pd., menambahkan, “Melalui lokakarya ini, kami berharap mahasiswa dapat mengimplementasikan konsep-konsep tersebut dengan baik dalam praktik pembelajaran mereka nantinya. Pemahaman yang baik akan capaian pembelajaran akan memberikan arah yang jelas bagi proses belajar-mengajar di kelas.”
Peserta lokakarya aktif berpartisipasi dalam diskusi dan berbagai kegiatan interaktif untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajari dalam pengembangan rencana pembelajaran yang berkualitas sesuai dengan semangat kurikulum merdeka.
Lokakarya ini menjadi langkah awal bagi mahasiswa PPG dalam memahami esensi kurikulum merdeka dan bagaimana mereka dapat menjadi agen perubahan positif dalam dunia pendidikan. Dengan semangat pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, diharapkan kurikulum merdeka dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mencetak calon guru yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan pendidikan di era yang terus berkembang.(*bri)

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *