Palangka Raya, 13 Juli 2023 – Mahasiswa Program Pendidikan Guru (PPG) di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) IAIN Palangka Raya terlibat dalam penggalian ilmu yang intensif mengenai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Lokakarya Modul Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Sub Modul ini dipelajari bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam merancang dan melaksanakan penelitian tindakan kelas sebagai metode pengembangan pembelajaran.

Kegiatan ini sebagai bagian dari upaya untuk mempersiapkan calon guru yang tidak hanya kompeten dalam menyampaikan materi, tetapi juga mampu melakukan inovasi dan perbaikan secara berkelanjutan di kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dipilih sebagai fokus karena dianggap sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di tingkat kelas. Peserta diajak untuk memahami langkah-langkah esensial dalam merancang PTK, mulai dari identifikasi masalah, perumusan tujuan, pengumpulan data, analisis hasil, hingga implementasi perbaikan dalam kegiatan pembelajaran.

Dalam beberaapa kesempatan dosen dan guru pamong menyampaikan pentingnya mahasiswa PPG memiliki keterampilan penelitian yang kuat untuk menghadapi dinamika dunia pendidikan. “PTK bukan hanya sekadar tugas akhir, melainkan sebuah siklus yang dapat terus berlanjut untuk meningkatkan mutu pendidikan kita. Dengan penguasaan PTK, mahasiswa diharapkan mampu menjadi agen perubahan di sekolah masing-masing.

Mahasiswa PPG menunjukkan antusiasme tinggi dan keterlibatan aktif dalam berbagai diskusi kelompok pada masing-masing kelas. Mereka diarahkan untuk menerapkan konsep-konsep PTK dalam konteks pembelajaran nyata dan mengidentifikasi masalah-masalah yang relevan di lingkungan pendidikan mereka. Dengan kegiatan ini, diharapkan mahasiswa PPG LPTK IAIN Palangka Raya dapat melahirkan generasi guru yang tidak hanya mengajar, tetapi juga mampu berkontribusi penelitian dan inovasi dalam pembelajaran di sekolah-sekolah mereka.(*bri)

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *