Palangka Raya, 20 Juli 2023 – Mahasiswa Program Pendidikan Guru (PPG) di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) IAIN Palangka Raya berhasil meraih kesuksesan dalam melaksanakan Kegiatan Ujian Komprehensif PPG PAI dan Madrasah. Kegiatan ini, yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 17 hingga 20 Juli 2023, menjadi tonggak penting dalam menilai kemampuan mahasiswa secara menyeluruh terkait teori pedagogik dan pengetahuan dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Madrasah.
Ujian Komprehensif merupakan suatu aktivitas evaluasi yang menilai kemampuan mahasiswa dalam menguasai materi esensial, materi advanced, dan kebermaknaan dari perangkat pembelajaran yang dihasilkan melalui lokakarya. Hal ini juga mencakup aspek TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dan HOTS (Higher Order Thinking Skills).

Para mahasiswa PPG dari jurusan PAI dan Madrasah di LPTK IAIN Palangka Raya menjalani ujian tersebut dengan penuh dedikasi dan kesiapan. Ujian dilaksanakan oleh dua belas dosen penguji komprehensif yang terbagi menjadi dua dosen perkelas, memberikan evaluasi secara menyeluruh terhadap pemahaman mahasiswa terhadap materi pelajaran.

Dalam wawancara dengan salah seorang mahasiswa peserta ujian, (Ahmad), menyampaikan perasaannya setelah mengikuti ujian tersebut, “Kami merasa bahwa kegiatan ujian komprehensif ini memberikan kesempatan bagi kami untuk menunjukkan pemahaman yang mendalam terhadap materi dan kemampuan mengajar. Kami berterima kasih kepada dosen penguji yang memberikan dukungan dan konstruktif feedback untuk pengembangan kami ke depan”. Kegiatan ini bukan hanya untuk menilai kemampuan akademis, tetapi juga untuk memastikan bahwa mahasiswa PPG kami siap mengemban tugas mulia sebagai pendidik di masa depan.

Semangat dan kerja keras mahasiswa PPG LPTK IAIN Palangka Raya dalam menghadapi ujian komprehensif ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi mahasiswa PPG mendatang dalam mengejar keunggulan dalam pendidikan dan pembelajaran.(*bri)

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *