Pada hari Jum’at, 26 Januari 2024 telah dilaksanakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan PPG tahun akademik 2023-2024. Dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan dan kementerian agama dari berbagai Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah. Termasuk dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan dan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat yang mana cukup banyak peserta PPG berasal dari daerah tersebut.

Kegiatan Evaluasi ini dibuka langsung secara resmi oleh Rektor IAIN Palangka Raya, Prof. Dr. Ahmad Dakhoir, S.H.I, M.H.I. Narasumber pada kegiatan Evaluasi Pelaksanaan PPG kali ini adalah Kabid PAPKIS Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, yaitu H. ELLY SAPUTRA, S.Pd, M.Si. Beliau menyampaikan berbagai kebijakan terbaru dan problematika terkait pelaksanaan PPG sampai sejauh ini. Narasumber kedua adalah H. FATHURRAHMAN, S.Pd selaku JFT Pamong Belajar di Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah. Beliau memberikan materi terkait mekanisme penganggaran PPG.

Pada sesi FGD (focus group discussion), perwakilan Kemenag maupun Diknas dari tiap kabupaten menyampaikan berbagai problematika yang terjadi di wilayah masing-masing. Terutama yang terkait dengan proses penganggaran biaya untuk mengikuti PPG yang harus diusulkan terlebih dahulu ke DPRD lewat koordinasi antara Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan di Kabupaten. Pada sesi ini alhamdulillah semua masalah yang disampaikan oleh peserta kegiatan evaluasi bisa dicari solusinya secara bersama-sama.

(Malik)

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *