PPG FTIK IAIN Palangkaraya juga menerapkan kurikulum berasrama yang disusun untuk menghasilkan guru yang profesional, unggul, dan berkarakter. Program ini bertujuan memberikan pengalaman belajar PPG Dalam Jabatan melalui kehidupan berasrama yang mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dan nilai-nilai keislaman.

Kurikulum berasrama ini mencakup beberapa pendekatan utama yang menjadi landasan pembentukan pribadi Guru Dalam Jabatan, yaitu:

a. Keteladanan : mahasiswa  diajarkan untuk menjadi figur yang dapat diteladani melalui perilaku, sikap, dan tindakan sehari-hari.

b. Pembiasaan : mahasiswa diajarkan untuk membangun kebiasaan positif, seperti menjaga kebersihan, mengikuti rutinitas harian dengan disiplin, dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

c. Mengambil Hikmah dari setiap peristiwa : Mahasiswa diajak untuk merefleksikan setiap pengalaman dan peristiwa yang mereka alami selama menjalani kehidupan berasrama. Proses ini membantu mereka memahami makna di balik setiap kejadian, sehingga dapat tumbuh menjadi individu yang bijaksana dan penuh empati.

d. Nasihat : Nasihat menjadi bagian penting dalam kurikulum berasrama. Para peserta mendapatkan bimbingan dari pembimbing mengenai berbagai aspek kehidupan, baik itu terkait spiritual, etika profesi, maupun pengembangan diri

e. Kedisiplinan : Kedisiplinan merupakan kunci dalam mencetak calon guru yang bertanggung jawab. mematuhi peraturan, dan menjalankan tugas dengan penuh komitmen.

f. Kemandirian : Kemandirian ini akan menjadi bekal penting bagi mereka untuk menghadapi tantangan dalam profesi guru secara percaya diri.

g. Persatuan dan Persaudaraan : Nilai-nilai persatuan ini menjadi fondasi untuk menciptakan lingkungan kerja yang harmonis di masa depan.

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *